makalah kepunahan


" Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan sebagai ungkapan terima kasih, kami akan berikan 1 e-book mengenai usaha gratis untuk anda. Silahkan unduh disini atau disini "


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Teori evolusi yang berkembang sekarang sudah sangat maju dan tidak seperti yang dibayangkan orang. Banyak konsep yang sudah berubah, tidak menandakan bahwa teori evolusi itu salah, tetapi konsep-konsep tersebut berbeda karena orang dahulu mempunyai interpretasi yang berbeda atas dasar informasi yang minimum. Proses kemunculan dan kepunahan merupakan suatu proses alamiah seperi kehidupan dan kematian. Adanya kematian merupakan kehilangan tetapi juga sekaligus memberikan keuntungan bagi kelompok lain untuk dapat berkembang. Proses evolusi yang menyangkut kehidupan di daratan pada dasarnya melibatkan banyak sekali mekanisme, sehingga diperlukan proses yang relatif lama. Setelah daratan berhasil dikuasai, maka sebagian besar organisme yang ada sekarang adalah hasil dari perjuangan ini.
Proses kemunculan suatu kehidupan merupakan hal yang sangat penting. Lamanya bumi ini kosong menunjukkan bahwa proses yang terjadi untuk menghasilkan suatu kehidupan berlangsung sangat sulit. Banyaknya organisme yang muncul tetapi kemudian punah juga menunjukkan bahwa proses yang terjadi sangat sulit. Kepunahan masal merupakan suatu bencana. Tetapi kepunahan masal pun merupakan suatu anugerah bagi kelompok organisme lainnya. Adanya kepunahan akan memberikan kesempatan pada kelompok organisme yang sebelumnya tertekan perkembangannya dapat berevolusi.

1.2.                         Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang di atas, maka dalam makalah ini dirumuskan beberapa masalah mengenai kepunahan  yaitu :
1.       Apakah yang dimaksud dengan kepunahan?
2.       Bagaimanakah Teori-Teori Kepunahan?


















BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Kepunahan
Dalam sejarah muka bumi telah tercatat adanya lima kali peristiwa kepunahan besar-besaran. Hal ini terjaadi pada masa Kambrian, Ordovisian, Devonian, Permian dn Kretasea. Diantara kelima peristiwa kematian masal, maka peristiwa kematioan masal pada periode Permian merupakan kejadian yang paling buruk dalam sejarah bumi. Pada waktu itu sekitar 75% organisme punah. Namun pada masa kretasea sebelum peristiwa kematian masal, jumlah organisme hidup sudah melebihi keadaan sebelum peristiwa kematian Permian. Setelah peristiwa kematian Kretasea, maka kini jumlah organismepun masih meningkat lagi sehingga diperkirakan jumlah organisme sudah dua kali lipat dari pada keadaan sebelum peristiwa kematian Permian.

2.2. Teori-teori
Apakah yang menyebabkan peristiwa kematian tersebut di atas ada sejumlah teori yang dikemukakan para ahli, dan kemungkinan besar beberapa teori dapat bekerja secara simultan atau merupakan akibat dari kemungkinan terdahulu.
1.      Teori Pergerakan Benua dan Terbentuknya Pangea
Akibat bergeraknya benua, maka jumlah panjang pantai menjadi sangat pendek dibandingkan dengan keadaan apabila bumi terdiri dari banyak benua. Hal ini menyebabkan sejumlah besar organisme laut yang hidup di air dangkal akan punah. Selain itu konsekuensi yang juga timbul adalah adanya satu daratan menyebabkan timbulnya perubahan cuaca yang drastis. Sebagai contoh, semua daratan diberbagai benua (Afrika, Asia, dan Amerika Utara) akan memiliki daerah gurun. Daratan yang luas dan datar menyebabkan daerah tengah tidak mendapat cukup air hujan, karena hujan sudah turun di daerah yang tidak terlalu jauh dari pantai. Akibat timbulnya gurun yang besar, maka sebagian besar ikan akan menjadi berubah, kering. Sebagian besar organisme daratan dan air akan punah.
2.      Teori Vulkanisme
Mengingat contoh vulkanisme akan menimbulkan perubahan yang besar untuk suatu daerah. Letusan suatu gunung berapi dapat berlangsung berbulan-bulan dan akibatnya paling tidak mempengaruhi sebagian muka bumi. Di indonesia kita mengenal beberapa kepunahan yang sangat besar dan garis tengahnya lebih dari 20 km, misalnya Danau Toba, Danau Tondano, dan Daerah Dieng. Diperkirakan bahwa letusan gunung tersebut beberapa ratus kali lebih dahsyat daripada letusan Gunung Krakatau. Akibat gunug krakatau saja, banjir besar menimpa daerah Negri Belanda yang berjarak puluhan ribu kilometer. Apabila ada sejumlah besar gunung berapi sebesar gunung Krakatau atau Tambora meletus, maka akan timbul kegelapan selama berbulan-bulan. Hal ini akan menyebabkan perubahan cuaca yang sangat drastis. Pengaruh letusan Gunung Galunggung saja telah hampir memusnahkan beberapa spesies di Jawa Di Pangandaran, jumlah banteng tinggal tiga ekor dari 35 ekor sebelumnya. Menurut hasil visum, kebanyakan banteng mati karena ada deposit debu vulkanis di paru-paru, dan sejumlah besar abu vulkanis di dalam lambung yang tidak dapat dikeluarkan dengan feces, mungkin karena terlalu berat.

3.      Teori Meteorit atau Supernova
Memorit berukuran sangat besar yang menabrak bumi akan menyebabkan perubahan iklim global, selain menimbulkan gempa bumi, akan memberikan akibat yang serupa dengan letusan gunung berapi, yang berarti perubahan cuaca. Ledakan supernova (bintang raksasa) di luar angkasa akan menyebarkan debu bintang yang mungkin menimbulkan kegelapan. Debu bintang dapat pula mempengaruhi magnetik bumi. Apabila kutub magnetik bumi berubah, maka akan terjadi gempa bumi, karena poros bumi mengalami perubahan. Menurut penelitian, kutub magnetik bumi memang sudah tidak tapat dari yang diperhitungkan dahulu. Selain itu meteorit atau supernova dapat membawa suatu unsur seperti lagam berat (misalnya iridium) yang beracun bagi kehidupan di muka bumi.
4.      Teori Glasiasi
Turunnya hujan salju selam 1 minggu di Kota Roma menjadi berita utama di tahun 1987. Hal ini disebabkan karena Kota Roma tidak setiap tahun kedatangan salju. Biasanya hujan salju yang turun disana hanya sepuluh tahun sekali. Pada tahun 1987, salju menumpuk sampai hampir 2 meter, lalu lintas terputus, listrik mengalami banyak gangguan. Akibatnya puluhan orang meninggal dunia karena kedinginan dan kelaparan. Gambaran peristiwa diatas dapat terjadi lebih parah lagi di masa lalu. Apabila hal itu terjadi di kota, bagaimana pula keadaannya di alam terbuka. Banyak satwa yang mati, dan tanaman yang hancur. Adanya zaman es menyebabkan cuaca bumi menurun secara drastis dan menimbulkan kematian masal bagi organisme yang tidak teradaptasi. Menurunnya suhu bumi sebanyak satu derajat saja sudah dapat memperluas lingkaran kutub menjadi beberapa puluh ribu km2, dan hal ini menyebabkan kematian organisme daerah tersebut.
5.      Teori Adanya Air Bah
Air merupakan penyebab kepunahan yang paling umum dijumpai. Hujan yang turun empat sam pai lima hari sudah menimbulkan banjir, tanah longsor dan kerusakan tempat penghunian, ladang dan hewan ternak. Akibat hujan beberapa hari saja sudah dapat menaikkan air sampai beberapa meter dan di daerah muara dapat sampai belasan meter. Akibatnya seperti yang dapat kita lihat di Bangladesh. Banyak ternak yang mati, tanaman pangan rusak total. Apabila hal ini berlangsung beberapa minggu saja, maka seluruh daerah akan mati, meninggalkan pohon-pohon yang besar saja. Sesudah banjir biasanya penyakit mewabah, sehingga apa yang tertinggal ikut mati pula apabila tidak ditangani.
Akibat glasiasi berakhir, maka seluruh daratan Sunda dan daratan Sahul terendam air, meninggalkan daerah dataran tinggi saja dan menjadikan Indonesia berbentuk kepulauan. Banyaknya organisme yang punah tidak dapat diperkirakan.
6.      Teori Epidemi atau Pandemi
Kematian masal suatu organisme misalnya setelah glasiasi atau banjir selain memusnahkan organisme yang terdapat di daerah tersebut, juga akan menimbulkan penyakit lainnya. Ada proses pembusukan besar-besaran, dan penyakit berkembang dengan pesat karena sanitasi yang buruk. Akibatnya banyak organisme lain yang ikut mati karena jumlah mikroba pembusukan meningkat dan menimbulkan infeksi pada organisme yang hidup di sekitarnya. 

7.      Teori Naiknya Suhu Muka Bumi (Greenhouse Effect)
Adanya jumlah CO2 yang besar akan menyebabkan temperaturmuka bumi naik. Hal ini disebabkan oleh karena CO2 akan membentuk lapisan yang menghambat masuknya sinar matahari. Akibatnya setiap pemanasan pada siang hari akan tetap tertahan pada malam hari, dan dengan demikian, udara bertambah lama bertambah panas.
8.      Teori Radiasi Ultra Violet dan Lubang Ozon
Lubang ozon menimbulkan mutasi pada organisme karena kemampuannya menembus sel dan memotong-motong DNA. Rusaknya DNA umumnya menyebabkan organisme yang dikenai sinar ultraviolet mengalami mutasi yang kemungkinan besar merugikan sehingga punah. Dengan adanya lubang ozon, maka suhu muka bumi akan naik dan contoh pada masa kini adalah banyaknya organisme yang punah akibat naiknya temperatur muka bumi.
9.      Teori Berkembangnya Mamalia Kecil Setelah Perubahan Temperatur Global
Mamalia kecil diperkirakan mulai berkembang di muka bumi tidak lam setelah kemunculan Reptilia. Sebelumnya, Mamalia tertekan perkembangannya karena bersaing dengan Dinosaurus. Namun pada waktu terjadi perubahan muka bumi, keberadaan Mamalia tidak banyak terpengaruh, sebaliknya sebagian besar Dinosaurus punah.



10.  Teori Campur Tangannya ManusiA
Hal ini terutama berlaku untuk buaya, penyu dan kura-kura besar. Penyebabknya adalah karena over harvesting dan over exploiting untuk kesenangan atau ketamakan sekelompok orang dan rasa sekuriti kelompok yang lain.
Dari kesembilan penyebab utama yang disebutkan di atas, maka hanya tiga penyebab utama (epidemi, Mamalia, dan Manusia)yang tidak mempengaruhi perubahan temperatur muka bumi secara umum, kecuali pada zaman modern. Mengapa naik turunnya temperatur muka bumi berpengaruh pada kepunahan reptilia, terutama Dinosaurus ?
a.       Kebanyakan Reptilia tidak mengerami telurnya, tetapi menguburnya di dalam tanah.
b.      Kebanyakan Reptilia mempunyai determinasi seks yang bergantung kepada temperatur. Hal ini berarti bahwa suhu lingkungan akan menentukan jenis kelainan organisme yang akan menetas dari telur.
c.       Mengapa keberadaan Mamalia menjadi ancaman bagi Reptilia ? kalau temperatur bumi turun, maka Reptilia memerlukan waktu yang lebih lama untuk aktif, sedangkan Mamalia tidak demikian. Diperkirakan sifat homoioterm merupakan kunci keberhasilan Mamalia. Karena kemampuan termoregulasi, maka kenaikan suhu bumi, keberdaan Mamalia tidak terpengaruh sebesar pengaruh yang terjadi pada organisme poikiloterm.
d.      Kalau temperatur bumi naik, maka Reptilia harus bersembunyi kalau tidak mereka dapat hiperaktif dan memerlukan energi tinggi, disebabkan karena Reptilia tidak mempunyai kemampuan termoregulasi yang baik. Mamalia memang ikut menderita pada zaman glasiasi, tetapi dapat mengatur suhu tubuhnya secara lebih mudah, sehingga tidak perlu menjadi hiperaktif.
e.       Pada masa kepunahan, maka sebagian besar organisme punah, dan ini berarti punahnya sebagian besar mangsa. Reftilia berukuran besar akan lebih sulit mencari mangsa, tetapi tidak demikian bagi Reptilia kecil dan Mamalia. Mereka bersaing tetapi Mamalia dapat aktif siang atau malam, sedangkan Reptilia lebih terbatas jam operasinya karena perlu penyesuaian diri terhadap lingkungan yang waktunya lebih lambat dibandingkan Mamalia. Mamalia kecil yang lebih gesit mempunyai kemampuan menyembunyikan diri dari Reptilia berukuran besar.
f.       Telur Reptilia merupakan mangsa bagi Reptilia dan Mamalia kecil, sedangkan Mamalia tidak mempunyai telur yang bebas yang dapat di mangsa organisme lain.
g.        Mamalia menjaga anaknya sedangkan kebanyakan Reptilia tidak.
h.      Konsekuensi dan determinasi seks yang bergantung kepada temperatur. Reptilia mempunyai detyerminasi seks yang bergantung kepada temperatur. Apabila kita kaji strategi reproduksi Reptilia, diketahui bahwa proses pematangan telur ditentukan oleh penyinaran mata hari. Di sini tidak ada masalah apakah temperatur muka bumi naik atau turun. Adanya perubahan temperatur akan mengakibatkan timbulnya salah satu jenis kelamin saja, jantan atau betina. Dengan demikian, semua telur yang menetas akan menghasilkan salah satu jenis kelamin saja.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dalam sejarah muka bumi telah tercatat adanya lima kali peristiwa kepunahan besar-besaran. Hal ini terjaadi pada masa Kambrian, Ordovisian, Devonian, Permian dn Kretasea. Diantara kelima peristiwa kematian masal, maka peristiwa kematioan masal pada periode Permian merupakan kejadian yang paling buruk dalam sejarah bumi. Lubang ozon menimbulkan mutasi pada organisme karena kemampuannya menembus sel dan memotong-motong DNA. Rusaknya DNA umumnya menyebabkan organisme yang dikenai sinar ultraviolet mengalami mutasi yang kemungkinan besar merugikan sehingga punah.












DAFTAR PUSTAKA

Iskandar,Dr Djoko T. 2001. Catatan Kuliah Evolusi. Bandung : ITB
Sukiya. 2005. Biologi Vertebrata. Malang : Universitas Negeri Malang.





0 Response to "makalah kepunahan"

Post a Comment